EnglishFrenchGermanSpainItalian DutchRussianPortugueseJapaneseKorean

Google Search

Custom Search

Sunday, September 5, 2010

Tobit 4

4:1 Pada hari itu juga Tobit teringat akan uang yang dititipkannya pada Gabael di Ragai di negeri Media.
4:2 Katanya dalam hati, "Aku sudah minta kepada Tuhan supaya aku mati saja. Baiklah kupanggil anakku Tobias dan kuceritakan kepadanya tentang uang itu sebelum aku mati."
4:3-4 Lalu dipanggilnya Tobias dan berkata, "Nak, sesudah aku mati, kuburkanlah aku dengan semestinya. Hormatilah ibumu dan peliharalah ia selama hidupnya. Sesudah ia meninggal, kuburkanlah ia di sampingku. Ingatlah bahwa ia mempertaruhkan nyawanya waktu mengandung dan melahirkan engkau. Sebab itu berusahalah untuk selalu menyenangkan ibumu, dan jangan kaususahkan dia dengan kelakuanmu.
4:5 Nak, ingatlah kepada Tuhan Allahmu selama hidupmu. Janganlah berdosa dan melanggar perintah-perintah-Nya. Lakukanlah selalu apa yang baik dan benar, dan jangan melibatkan dirimu dalam kejahatan,
4:6 sebab orang yang melakukan yang benar akan berhasil dalam segala usahanya.
4:7 Berilah sedekah dengan murah hati kepada orang yang dengan setia mentaati Allah.
4:8 Berilah sedekah menurut kemampuanmu. Semakin banyak milikmu, semakin banyak pula yang harus kauberikan sebagai sedekah. Tetapi kalau pun rezekimu sedikit, jangan takut untuk memberi,
4:9 sebab dengan memberi engkau menabung harta yang berharga bagi masa kesulitan.
4:10-11 Memang berbuat baik kepada orang miskin adalah kurban yang berkenan kepada Allah Yang Mahatinggi. Lakukanlah itu, maka engkau akan luput dari kegelapan maut.
4:12 Nak, jagalah dirimu terhadap pelacur-pelacur. Yang penting, engkau harus mengambil seorang istri dari suku kita sendiri, sebab kita ini keturunan nabi-nabi. Jangan memperistri orang yang bukan dari suku kita. Ingatlah bahwa leluhur kita Nuh, Abraham, Ishak dan Yakub, semuanya menikah dengan sanak saudara mereka. Maka Allah memberkati mereka sehingga anak mereka banyak dan keturunan mereka mewarisi tanah Israel.
4:13 Karena itu cintailah sanak saudaramu. Jangan terlalu sombong untuk mengambil seorang gadis di antara mereka untuk menjadi istrimu. Sebab kecongkakan membawa kekecewaan besar dan kebinasaan, seperti juga kemalasan mengakibatkan kemiskinan dan kemelaratan serta kelaparan.
4:14 Bayarlah upah buruhmu setiap hari, dan jangan menahan uang itu sampai keesokan harinya. Jika engkau menghormati Allah, Ia akan mengganjari engkau. Nak, jagalah tingkah lakumu setiap waktu. Bertindaklah selalu seperti orang terdidik.
4:15 Apa yang tidak kausukai sendiri, jangan kaulakukan terhadap orang lain. Jangan minum anggur terlalu banyak dan jangan membiasakan dirimu menjadi mabuk.
4:16 Dari makananmu berilah kepada orang yang lapar, dan dari pakaianmu berilah kepada orang yang tidak punya. Apa yang berlebihan padamu berikanlah sebagai sedekah. Dan apabila engkau memberi sedekah, berilah dengan ikhlas dan murah hati.
4:17 Apabila seorang saleh meninggal, sajikanlah makanan yang berlimpah-limpah bagi keluarganya,
4:18 Mintalah nasihat setiap orang bijaksana, dan jangan meremehkan nasihat yang berguna.
4:19 Pujilah Tuhan Allahmu setiap waktu. Mohonlah kepada-Nya agar Ia mengarahkan hidupmu, dan supaya semua rencanamu dan perbuatanmu berhasil. Di antara bangsa-bangsa lain tidak ada yang menerima nasihat Allah. Dialah sumber segala nasihat yang baik. Tetapi kalau Ia mau, Ia dapat juga menurunkan orang ke alam maut. Ingatlah baik-baik semua petunjukku; jangan sampai ada yang kaulupakan.
4:20 Sekarang aku ingin sampaikan kepadamu bahwa dahulu aku menitipkan sejumlah besar uang pada Gabael anak Gabria di kota Ragai di negeri Media.
4:21 Kita sekarang sudah jatuh miskin, tetapi engkau tidak perlu kuatir. Jika engkau taat kepada Allah, menjauhi segala dosa dan melakukan apa yang berkenan pada Tuhan Allahmu, maka engkau mendapat banyak harta."

Masukkan Code ini K1-EY8895-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com